Arti Kesabaran Dalam Agama Islam

Arti Kesabaran Dalam Agama Islam

syabab.com – Kesabaran adalah untuk menjaga jiwa seseorang agar tidak sabar dan tidak senang, menahan lidah untuk mengeluh dan bagian-bagian tubuh dari menyakiti dirinya sendiri atau orang lain. Kesabaran disebutkan di banyak tempat dalam Quran dan Sunnah Nabi tercinta (SAW), yang menunjukkan kebajikan dan kebesaran Kesabaran. Dalam bahasa Arab, (Sabr) Sabar berarti mengurung atau menahan.

Kesabaran dalam Islam

Kesabaran memiliki status besar dalam pandangan Allah SWT dan dalam Islam. Kesabaran adalah yang terbaik dari perbuatan dan memiliki pahala besar tanpa batas. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: “Hanya orang-orang yang sabar yang akan menerima ganjaran mereka sepenuhnya, tanpa Hisaab (tanpa batas, perhitungan, dan estimasi).” (Quran, 39:10).

Hanya ada pahala besar bagi orang-orang di antara kita yang bersabar dengan Keputusan Tuhan mereka. Di dunia ini, kita menghadapi banyak kesulitan atau cobaan dan penderitaan, tetapi kita harus bersabar karena Allah SWT mencintai orang-orang yang bersabar (Sabr) dalam waktu yang sulit.

Karena Islam adalah kode kehidupan yang lengkap dan ia membimbing dan mengajarkan kita dalam setiap bidang kehidupan. Jadi itu mengajarkan kita bahwa kita harus bersabar dalam situasi sulit kita dengan cara ini kita memiliki keyakinan kuat kepada Allah SWT bahwa Dia tidak akan pernah meninggalkan kita sendirian. Dalam Al Qur’an, Allah berfirman: “Dan bersabarlah. Tentunya, Allah beserta orang-orang yang sabar. ”

Allah berfirman kepada mereka yang menghadapi kesulitan atau cobaan bahwa Dia bersama mereka dengan membimbing dan mendukung mereka dan memberi mereka kemenangan yang jelas. Allah berfirman: “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bersabar (Saabarroon)” (Quran, 8:46). Dari ayat Al-Qur’an ini, kita dapat mengatakan bahwa tidak peduli apa pun situasi yang kita hadapi, kita harus setia dan bersabar seperti Allah bersama kita. Dia tidak akan pernah meninggalkan kita sendirian.

Imbalan Kesabaran

Seseorang yang mencintai Allah SWT merasa jauh lebih mudah untuk bersabar dan bertahan. Ini karena dia melihat segala sesuatu berasal dari Allah, dan jika itu berasal dari Allah, pasti ada alasan untuk itu. Seseorang yang mencintai menginginkan yang Terkasih melihatnya dalam kondisi terbaik, dan karenanya ia membuktikan yang terbaik dari kesabaran. Kesabaran adalah kebajikan, yang memungkinkan individu untuk maju menuju tujuan yang layak.

Berkali-kali dalam hidup kita sesuatu terjadi pada kita dan kita merasa bahwa ini adalah hal terburuk yang dapat terjadi pada kita. Tetapi setelah persidangan, ketika kelegaan dan kemudahan datang, kami menyadari bahwa masa-masa sulit telah terjadi untuk kebaikan yang akan datang.

Jadi, penting bahwa orang percaya harus bersabar dan tahu bahwa Allah SWT cukup bagi kita dan merupakan penata terbaik dari semua urusan kita. Dia akan membimbing kita pada apa yang baik bagi kita di kehidupan ini dan juga akhirat.

Manfaat Kesabaran

Kesabaran adalah kebajikan dan pentingnya kesabaran yang akan kita pulihkan dengan imbalan dan manfaat yang besar. Beberapa dari imbalan dan manfaat ini bersifat langsung dan yang lainnya bersifat jangka panjang.

Ada penilaian besar di balik cobaan dan ujian yang kita lalui di masa sulit kita. Semua malapetaka yang kita hadapi dan masalah yang menghadang kita adalah pembangun karakter yang membuat kita lebih kuat dari sebelumnya. Semoga Allah memberi kita kekuatan untuk menghadapi kesulitan dengan Kesabaran! Aamiin.