sedekah subuh

Tata Cara Bersedekah Subuh, Penting Diketahui

Melakukan sedekah tentu sudah bukan hal baru dalam hidup banyak orang, seperti yang telah dibahas yakni sedekah merupakan tindakan memberi ke orang lain yang jauh lebih membutuhkan dibanding diri kita. Sudah dijelaskan juga tentang sedekah itu bisa menggunakan harta atau bukan harta sekalipun juga bisa melakukan sedekah.

Sehingga ketika kita bersedekah, kita maupun yang diberi akan mendapatkan manfaat dunia akhirat yang sebetulnya dibutuhkan manusia.

Disini kita akan mengulas mengenai ada kaitannya dengan kapan dan dimana waktu yang pas untuk bersedekah, meski semua sedekah itu baik dilakukan mau kapan dan dimanapun, tapi menurut perbincangan bahwasannya waktu ketika melakukan pun mempunyai keutamaannya masing-masing. Agar memperjelas ulasan ini. Simak keutamaan dan tata cara bersedekah saat subuh.

1. Setelah Menjalankan Shalat Subuh 

Apabila kamu ingin bersedekah saat subuh, kamu tidak harus menemukan anak yatim atau mencari orang miskin terlebih dahulu untuk bersedekah, kamu bisa melakukannya dengan memasukan sejumlah uang ke kotak amal yang ada di masjid.

“Sesudah shalat subuh atau juga sebelum kamu melakukan kegiatan, lakukan lah sedekah dengan diiringin memohon hajat. Apabila para perempuan sedang halangan untuk ibadah, bisa melakukan sedekah sebelum berkegiatan,” Kata ustaz Syekh Ali Jaber.

2. Ketika Sehat

Waktu paling tepat untuk kita melakukan sedekah tentu saat kita merasakan sehat secara jasmani dan rohani. Sebab, ketika orang sakit, bisa saja sedekah yang dilakukan hanya sebuah upaya agar ida disembuhkan dari penyakitnya. Tentu ia akan memprioritaskan dirinya terlebih dahulu. Maka dari itu bersedekah saat sehat akan jauh lebih abdol dan maksimal.

3. Saat Mulai Merasa Takut Sengsara

Ketika kamu sudah mulai memiliki rasa takut untuk sengsara atau takut jatuh miskin, ini menjadi waktu yang tepat bagi kamu yang ingin selamat. Dengan bersedekah kamu sudah melakukan tindakan sejenis pengorbanan, yang dimana pengorbanan ini bisa dijadikan sebagai bentuk keimanan.

4. Bersedekah di Hari Jumat

Penjelasan dari Ibnul Qayyim rahimahullah Bahwa sedekah pada hari Jumat mempunyai banyak kelebihan dibanding hari lainnya. Perhitungannya seperti, jika bersedekah di hari Jumat muatannya sama seperti kamu bersedekah dalam satu minggu dihari-hari biasa. Sama halnya dengan sedekah saat bulan puasa memiliki muatan lebih besar apabila dibanding dengan bulan lain.

Tentu ini semakin menunjukan ketika bersedekah di hari Jumat akan mendapatkan keutamaannya tersendiri.

Alasan Bersedekah Pada Waktu Subuh

Dibawah ini kita akan menjelaskan mengenai alasan, mengapa seseorang disarankan untuk melakukan sedekah saat subuh? Berikut penjelasannya.

1. Di doakan oleh dua malaikat.

Diatas sudah dijelaskan tentang sedekah di saat subuh merupakan waktu yang baik dan sangat dianjurkan. Keutamaan akan kamu dapatkan dari bersedekah saat subuh yakni kamu akan didoakan oleh dua malaikat sekaligus karena telah menyisihkan harta untuk diberikan kepada orang lain yang jauh lebih membutuhkan.

Bukan hanya dalam bentuk harta saja yang dapat kamu sedekah kan. Kamu bisa bersedekah melalui ilmu atau dengan benda lain yang sekiranya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Di dalam sebuah hadits pernah disebutkan dalam bentuk kalimat.

Seorang hambanya akan bertemu dua malaikat di pagi hari yang diturunkan. Satu dari dua malaikat mengatakan, Ya Allah, berilah sebuah rezeki terhadap orang-orang baik yang telah menafkahkan sebagian hartanya. Satu malaikat lain juga mengatakan, Ya Allah, tahan lah sebagian harta mereka yang tidak melakukan sedekah dan membagikan rezekinya sedekitpun ke orang yang lebih membutuhkan. 

Maka untuk siapa saja yang telah membagikan hartanya akan segera didoakan agar mendapatkan berkali lipat atas semua yang ia nafkah kan kepada mereka yang lebih membutuhkan. Lalu sebaliknya untuk mereka yang tidak melalukan sedekah atau menahan harta mereka, rezeki perekanya pun akan ikut bertahan.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Bersedekah ?

Tentu waktu terbaik yang dianjurkan untuk melakukan sedekah adalah waktu kita sehat jasmani dan rohani. Bila dalam kondisi sehat kamu pasti lebih mudah untuk mencari rezeki sekaligus membaginya ke orang yang lebih membutuhkan. Namun, saat bersedekah harus memasang niat dan ikhlas yang tulus agar mendapatkan ridho yang maha kuasa.

Tapi ketika kamu bersedekah saat sedang sakit, hal ini mungkin menjadi salah satu usaha kamu dalam merayu sang maha kuasa. Kata merayu disini yang berarti seseorang menginginkan kesembuhan dan dijauhkan dari penyakit yang ada.

Kesimpulannya, apabila kamu ingin melakukan sedekah dengan maksud memiliki tujuan tertentu, disarankan untuk kamu melakukannya ketika sedang sehat, diutamakan untuk bisa melakukannya pada waktu subuh.

Poin keutaman saat melakukan sedekah di subuh hari yang tidak diketahui banyak orang yaitu Datangnya malaikat ke bumi saat pagi hari, malaikat tersebut bertugas dan berdoa untuk orang-orang yang telah melakukan sedekah di waktu subuh.