Tips Tetap Khusyuk Saat Sholat

Tips Tetap Khusyuk Saat Sholat

Islam mengajarkan sholat lima kali sehari yang diwajibkan oleh Allah SWT. Sholat adalah hadiah tak ternilai dari Allah (SWT), yang memungkinkan kita untuk mengedepankan semua kebutuhan kita di hadapan Allah SWT dan meminta apa pun yang kita butuhkan dari-Nya. Sholat adalah berkah yang tidak bisa diberi nilai, namun banyak Muslim masih cenderung mengabaikannya.

Banyak dari kita menghadapi Sholat umum kehilangan konsentrasi selama Sholat. Alih-alih berfokus pada Allah (SWT) dalam shalat kita cenderung fokus pada elemen yang tidak diinginkan. Hari ini, dalam artikel ini kami ingin mengajukan beberapa saran yang akan membantu kami untuk tetap fokus dan terkonsentrasi selama Sholat.

Baca juga : Tanda-tanda Haji yang Mabrur

Disebutkan di bawah ini adalah beberapa poin yang akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas shalat dalam hal meningkatkan Sholat itu sendiri dan juga mengingat apa yang dapat merusaknya, Insya Allah.

  • Pertama-tama, buat wudhu yang tulus untuk Sholat, Anda dapat bersiap untuk fokus dalam Sholat Anda dengan berkonsentrasi selama wudhu.
  • Jangan tunda Sholatmu. Selalu tawarkan shalat Anda tepat waktu.
  • Pelajari makna Surat yang Anda ucapkan dalam Sholat Anda. Al-Qur’an adalah buku unik yang memiliki kemampuan untuk menarik perhatian siapa pun, karena keindahan dan aksennya. Namun, penting untuk mengetahui arti Surat-suratnya. Kita tidak akan pernah teralihkan dari shalat kita jika kita fokus pada makna Surat yang kita baca selama shalat. Memang, Alquran adalah buku yang tidak seperti yang lain, wahyu dari Allah SWT sendiri.
  • Setiap kali Anda memiliki pikiran buruk dari Shaitan selama shalat, cukup ludahkan secara kering di sisi kiri Anda, putar sedikit kepala Anda.
  • Anda harus tahu oposisi Anda yang pasti Setan. Jika kita memahami berbagai trik setan, kita dapat menghindari jebakannya dan membiarkan pikiran kita tersesat dalam shalat. ‘Uthan b. Abu al-‘Sebagaimana dilaporkan bahwa ia datang ke Rasulullah SAW Muhammad (SAW) dan berkata:” Utusan Allah, Setan mengintervensi antara saya dan Sholat saya dan pembacaan Alquran saya dan ia mengacaukan saya “.
  • Setelah itu, Rasulullah (saw) berkata, “Itu adalah (perbuatan Setan) yang dikenal sebagai Khinzab dan ketika Anda merasakan efeknya, mencari perlindungan dengan Allah dari itu dan meludah tiga kali ke kiri Anda”. (Muslim)
  • Tingkatkan signifikansi Sholat dengan memikirkan Sholat yang akan Anda lakukan seperti di mana Allah SWT akan mempertanyakan tentang pada Hari Pengadilan. Ini akan membantu kita untuk melakukan sholat dengan pengabdian, konsentrasi dan perhatian yang kita cari.
  • Pikirkan Sholat yang Anda lakukan seolah itu Sholat terakhir Anda dalam hidup Anda. Dan itu mungkin yang terakhir Anda lakukan karena tidak ada yang dijamin bahwa ia akan hidup untuk melakukan Sholat lagi.
  • Kosongkan pikiran Anda dari semua hal duniawi sebelum Anda mengangkat tangan untuk memulai Sholat.
  • Berdo’a  setelah menyelesaikan Sholat. Tetap duduk di tempat shalat Anda, ucapkan Istighfar untuk setiap keSholatan yang dibuat dalam Sholat, dan mohon segala sesuatu dari Penguasa Alam Semesta. Ada kekuatan dalam Sholat, jadi jangan biarkan kesempatan berlalu begitu saja.