Tuntunan Berprilaku Dalam Kehidupan Sehari-hari Sesuai Ajaran Qur’an dan Sunnah

Tuntunan Berprilaku Dalam Kehidupan Sehari-hari Sesuai Ajaran Qur’an dan Sunnah

Agama Islam dan kitab suci Quran adalah paket lengkap yang memberitahu kita bagaimana menjalani hidup kita dengan cara terbaik sesuai dengan ajaran Allah SWT. Kehidupan Nabi Muhammad (SAW) mencerminkan ajaran Al-Qur’an dan Allah (SWT).

Islam sangat menekankan pada perilaku selama hidup kita. Huquq Allah dan Huquq Al-Ibaad sangat penting dalam kehidupan umat Islam. Sementara Huquq Allah adalah tujuan utama kehidupan, jalan menuju itu sangat tergantung pada bagaimana kita berpartisipasi dalam Huquq Al-Ibaad.

Huquq Al-Ibaad terutama berkaitan dengan bagaimana kita berperilaku dalam rutinitas kehidupan sehari-hari kita dengan sesama makhluk lain. Di bawah ini adalah beberapa ayat Al-Quran yang mengajarkan kita tentang berperilaku dalam kehidupan dengan orang lain:

Hormati Semua Orang Dari Semua Agama

Kita harus menghormati orang-orang dari semua agama dan kepercayaan. Allah SWT memerintahkan dalam Al-Qur’an: “Allah tidak melarang kamu dari orang-orang yang tidak memerangi kamu karena agama dan tidak mengusir kamu dari rumahmu – dari menjadi benar terhadap mereka dan bertindak adil terhadap mereka. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bertindak adil. ”(Al-Quran, 60: 8)

Jangan makan dan minum dalam jumlah berlebihan

Nabi Muhammad (SAW) mengajarkan kepada kita bahwa makan berlebihan tidak bijaksana. Dia (SAW) biasa membagikan makanannya dengan orang lain untuk memastikan bahwa setiap orang makan dan tidak tidur dengan perut kosong. Allah SWT menyatakan dalam Al-Quran: “Hai anak-anak Adam, ambillah perhiasanmu di setiap masjid, dan makan dan minum, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya, Dia tidak suka orang-orang yang berbuat berlebihan. ”(Quran, 7:31)

Tidak Berbangga Diri

Apa pun yang kita miliki di dunia ini adalah semua karena hadiah Allah atas upaya kita. Jadi, kita tidak boleh bangga dengan diri kita sendiri. Allah (SWT) mengatakan dalam Al-Quran: “Dan para hamba Yang Maha Penyayang adalah mereka yang berjalan di bumi dengan mudah, dan ketika orang-orang yang bodoh memanggil mereka [dengan keras], mereka mengatakan [kata-kata] kedamaian” (Quran, 25: 63)

Jauhi Korupsi

Korupsi sangat dilarang dalam Islam, bahkan ketika itu berputar di sekitar kegiatan yang dilakukan oleh individu. Allah SWT menyatakan dalam Al-Quran: “Makan dan minum dari ketentuan Allah, dan jangan melakukan penyalahgunaan di bumi, menyebarkan korupsi.” (Quran, 2:60)

Hormati para tamu

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa Huquq Al-Ibaad memainkan peran besar dalam bagaimana kita berperilaku. Menerima tamu dan memperlakukan mereka dengan baik telah diberi banyak tekanan dalam Alquran. “Kemudian dia berbalik dengan cepat ke rumah tangganya, mengeluarkan seekor anak sapi yang digemukkan yang dipanggang, dan meletakkannya di depan mereka. Dia berkata: “Apakah kamu tidak mau makan?”

Baca juga : Tips Tetap Khusyuk Saat Sholat

Berbicaralah dengan Baik kepada yang membutuhkan

Kita harus merawat yang membutuhkan dan yang miskin dan ketika berbicara dengan mereka berbicaralah dengan baik. Jangan berkelakuan buruk dengan mereka. Allah SWT menyatakan dalam Al-Quran: “Dan jika kamu berpaling dari orang-orang yang membutuhkan, menunggu rahmat dari Tuhanmu yang kamu harapkan, maka berbicaralah kepada mereka kata yang lembut.” (Quran, 17:28)

Menahan diri dari Mengintip dan Mengganggu

Sekarang orang-orang zaman dulu sering terlalu sibuk untuk mengumbar dan memata-matai orang lain dan perbuatan mereka, tetapi sedikit yang kita tahu bagaimana itu akan mempengaruhi kita di akhirat. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: “Dan janganlah saling memata-matai. Apakah salah satu dari Anda ingin memakan daging saudaranya ketika mati? Anda akan membencinya. Dan takutlah kepada Allah; sesungguhnya, Allah menerima pertobatan dan Penyayang “(Quran, 49:12)

Jangan Pernah Tidak Menghormati Orang Tua

Jangan pernah berpikir untuk tidak menghormati orang tua Anda. Betapapun kerasnya kita bekerja tidak akan pernah bisa membalas orang tua kita tentang upaya mereka untuk kita. Allah yang Mahakuasa disebutkan dalam Al-Qur’an: “Jangan katakan kepada mereka [sebanyak],” uff, “dan jangan mengusir mereka tetapi berbicara kepada mereka kata yang mulia” (Quran, 17:23)